I'm writing about...

Strategi Perjalanan Dinas Menghadapi Ganjil Genap Jakarta

 Strategi Perjalanan Dinas Menghadapi Ganjil Genap Jakarta

"Bu, besok ada dinas ke Jakarta pake mobil yang mana? soalnya berlaku ganjil genap"

Waduh, celaka fikir saya kalau nanti bentrok jadwal pas banget Dinas Luar Kota (DLK) ke Jakarta. Tidak bisa dibiarkan kalau tidak dibuat jadwal dan perencanaan. 

Yang ada saya bakal kena complaint cacian hujatan dari karyawan 😁😂. Maklum saya sebagai HRGA yang jelas ga cuma atur manusia-manusia kuat tapi juga kendaraan hingga inventaris lainnya. 

Baca yang ini juga yah: yuk ketahui fakta tentang HRD

Kembali dengan perjalanan dinas, perusahaan tempat saya bekerja tuh seminggu 2x ada jadwal rutin ke Jakarta. Sifatnya itu wajib dan ga bisa ditunda karena memang sudah menjadi kesepakatan antara perusahaan dengan customer.

Lalu bagaimana yah cara terbaiknya menghadapi ganjil genap Jakarta versi saya dalam mengatur perjalanan dinas supir?

strategi-perjalanan-dinas-menghadapi-ganjil-genap-jakarta

Kendala Dengan Adanya Ganjil Genap Jakarta

Adanya aturan Ganjil Genap Jakarta tentu memberikan warna baru bagi saya selaku HRGA yang mengurusi kendaraan di kantor. 

Sejujurnya kaget banget pas ada aturan ini, wong yang tadinya kalau dinas mau pake mobil mana aja silahkan ehlah dalah sekarang harus dibatasi. Nah waktu adanya aturan ini sebagai HRGA, tentu saja saya mengalami kendala.

Adapun kendala yang saya hadapi dengan aturan ini diantaranya adalah:

🔎Perubahan Jadwal dinas karyawan menyesuaikan ketersediaan kendaraan. Karena jika menggunakan transportasi umum kasihan terlebih karyawan yang bertempat tinggalnya jauh sekali. 

Sehingga ketika ada aturan Ganjil Genap Jakarta, mau tak mau jadwal dirubah disesuaikan dengan ketersediaan kendaraan di kantor.

🔎Peningkatan Biaya BBM, ada beberapa karyawan yang diberikan kendaraan inventaris namun plat-nya kadang tidak sesuai dengan jadwal meeting sehingga karyawan tersebut menggunakan mobil milik pribadinya. 

Hal ini menjadi double pembelian BBM, dimana karyawan tersebut reimbush untuk BBM kendaraan pribadi juga kendaraan inventaris. huhuhu.

🔎Sulitnya mencari armada mobil melalui jasa sewa mobil jika bukan jasa sewa mobil yang sudah menjadi langganan perusahaan. Biasanya jika waktunya pas dan jasa sewa mobil langganan tersedia semuanya akan berjalan dengan rencana dan lancar namun sebaliknya yah bila jasa sewa mobil langganan tidak bisa menyediakan ulalal inilah yang bikin puyeng 😂.

Strategi Perjalanan Dinas Menghadapi Ganjil Genap Jakarta

Dengan berbagai kendala demikian tentu saja solusinya tidak menambah armada mobil perusahaan dong. Bersyukurnya perusahaan memiliki kendaraan dinas ber-plat ganjil dan genap. 

Dulu saya aturkan kendaraan dinas bukan berdasarkan plat ganjil genap saja jika pergi ke Jakarta. Namun tergantung kebutuhannya. 

Apabila untuk anter karyawan yang dinas maka saya akan aturkan kendaraan yang body dan interior mobilnya masih bagus sementara jika untuk keperluan antar dokumen saya berikan kendaraan lain.

Kini sejak digaungkan aturan Ganjil Genap  Jakarta, saya perlu menggunakan strategi lain agar semua urusan bisa rebes dan minim keluhan.

Adapun yang saya lakukan diantaranya:

✅ Konfirmasi kepada customer maupun karyawan yang akan melakukan perjalanan dinas ke Jakarta. Biasanya H-3 diinfokan agar saya bisa aturkan mobil ber-plat ganjil atau genap.

✅ Apabila agenda dadakan, maka saya mengubah jadwal disesuaikan dengan ketersediaan kendaraannya. 

✅ Menggunakan jasa sewa mobil yang sesuai dengan aturan Ganjil Genap Jakarta. Hal ini pernah terjadi dan H-1 saya ubek-ubek rental yang bisa mengantarkan karyawan untuk meeting berjumpa customer di Jakarta. Pas banget kendaraan khusus dinasnya digunakan untuk DLK ke daerah Jawa Tengah sehingga mau tidak mau saya menggunakan jasa sewa mobil.

Dengan strategi ini alhamdulilah kini semua perjalanan dinas ke Jakarta bisa aman dan lancar menghadapi Ganjil Genap Jakarta. 

****
Demikian temans yang bisa saya bagikan seputar strategi perjalanan dinas menghadapi Ganjil Genap Jakarta.

Semoga dengan aturan ini bisa mengurangi kemacetan di Jakarta serta menurunkan polusi udara dan meningkatkan pemberdayaan transportasi umum. 

Coba share dong kalau  temans yang tinggal di Jakarta bagaimana strateginya menghadapi Ganjil Genap Jakarta?


Komentar

  1. Lebih suka naik transportasi umum karena gak pusing sama ganjil genap hehehe. Tapi, kalau pun terpaksa pakai kendaraan, biasanya udah hapal waktu atau jalan yang gak kena ganjil genap.

    BalasHapus
  2. Tinggal di Jakarta harus pintar untuk mensiasati rencana ketika akan melakukan perjalanan ya mak. Karena ada peraturan ganjil genap maka warga yang membawa mobil pun harus bisa cari celah misal ingin bepergian

    BalasHapus
  3. menggunakan jasa sewa mobil bisa jadi pilihan tepat, karena pada hari tertentu mobil dinas banyak yang keluar, jadinya harus sewa aja biar bisa menghadapi ganjil genap

    BalasHapus
  4. Aku tinggal di Bogor. Suami kerja di Jakarta. Kami punya mobil plat ganjil. Jadi setiap tanggal genap, suami naik krl buat kerja. Setiap Jumat harus bawa mobil karena ada kegiatan badminton pulang kantor. Jadi yah Jumat pas tanggal genap itu lumayan gedebukan pas berangkat karena harus lebih pagi (sebelum adzan subuh berkumandang) :D

    BalasHapus
  5. Paling tepat dan nyaman adalah menggunakan jasa sewa mobil, kalo aku pas dinas ke Jkt menemui klien, jadi pas turun dari stasiun/travel adayang jemput, makanya udah punya langganan disana biar ga pusing sama urusan ganjil genap. Atau kalo kepepet pake taksol/ojol.

    BalasHapus
  6. Pas masih tinggal di Jakarta, aku lebih suka bepergian dan berangkat kerja pakai kendaraan umum. Lebih memudahkan dan juga terjangkau secara cost.

    Terima kasih ya, atas tips mendetail terkait mensiasati ganjil genap di Jakarta. Kebetulan saat ini daku emang enggak tinggal di Jakarta lagi. Jadi semisal ada nugas kesana bisa nerapin strategi atasi ganjil genap.

    BalasHapus
  7. Wah tugasnya juga termasuk ngelola mobil untuk dinas ke Jakarta, pusing juga kalo dadakan butuh ke customer. Nampaknya solusi sewa mobil malah lebih praktis ya mba

    BalasHapus
  8. Kudu pandai² ya Teh mengatur jadwal perjalanan dinas ini ketika berkunjung ke Jakarta. Kalo semisal pakai transportasi umum, kebayang bakal riwehnya dalam perjalanan

    BalasHapus
  9. ganjil genap ini kadang memang bikin pusing ya bagi mereka yang menggunakan mobil. tapi katanya itu ada jam-jamnya gitu ya mbak yang peraturan ganjil genap ini jadi nggak seharian gitu

    BalasHapus
  10. Suamiku ke kantor lewat jalur ganjil genap. Aktivitasku di pinggiran Jakarta enggak kena. Dulu kami punya 2 mobil plat ganjil dan genap. Jadi gantian pakainya.
    Lalu suami dapat mobil kantor antar jemput jadi ga bingung lagi, paling drivernya cari jalan yang ga kena..tapi mesti muter" ..
    Mobil kini tinggal satu dan ga pusing mikir ganjil genap lagi hihi. Kalau terpaksa lewat ya mesti hindari jam berlakunya aja sih

    BalasHapus
  11. Iya ya di Jakarta di berlakukan ganjil genap, sewa mobil termasuk solusi tepat yaa teh jadi gak bingung cari mobil yang mana yang sesuai

    BalasHapus
  12. Kok saya jadi ingat dengan teman saya yang HRGA di pabrik garment, tempat saya kerja dulu di awal tahun 2000an. Ga pake ganjil genep aja udah pusing atur mobil mana utk jemput tamu, jemput QC buyer, jemput makan siang expat India, belum lagi klo pas CEOnya datang. Widiiww pusing ya mak...

    BalasHapus
  13. Awalnya mungkin sulit ya. Tapi mungkin lama-lama terbiasa. Belum pernah merasakannya karena tinggal di Jogja. Terima kasih tips dan informasinya Semoga makin baik dan solutif deh lalu lintasnya.

    BalasHapus
  14. Repot juga ya Mbak aturan Ganjil Genap Jakarta, harus punya banyak strategi agar aktivitas bisa berjalan sesuai rencana.

    BalasHapus
  15. Biasanya suamik suka cari celah jalan yang nyempil-nyempil buat menghindari Ganjil Genap Jakarta. Diajarin sama sepupu yang tinggal di Jekarda juga. Memang resikonya perjalanan jadi butuh waktu lebih lama yaa.. Karena gak jarang juga melewati lingkungan perumahan yang jalannya mashaAllaa~ Hehehe..

    BalasHapus
  16. wah gara-gara schedule ganjil genap jika tidak cekatan bisa berantakan jadwal dan keuangan, benar-benar harus diantisipasi sebelum hari h

    BalasHapus
  17. Aturan ganjil genap buat ngurai kemacetan emang bagus, tapi jadi PR banget buat yang punya satu kendaraan. Saling nebeng kali ya. Tapi-tapi, kendaraan umum di Jakarta tuh banyak pilihan. Jadi sebenarnya bisa pakai itu juga

    BalasHapus
  18. Sebagai orang yang cuma sesekali ke Jakarta, entah untuk liburan atau business trip, sungguh tips ini bakal berguna banget kalo sampe diriku harus nyetir sendiri di sana. Bener2 tricky sih ya Mak kalo buat pendatang tuh kadang.

    BalasHapus
  19. Aah, aturan ganjil genap itu bikin pusing 7 keliling buat HRGA. Apalagi soal ngurusin kendaraan yang ada dinas ke Jkt, kadang suka cekcok sama driver.

    Kalau H-3 udah ngabarin sih oke. Tapi seringnya ada aja yg kayak tahu bulat digoreng dadakan.🤣🤣

    Btw, lama juga saya gak mampir ke blog ini. Saya kebanyakan "tidur" kali yaa 🤩😂

    BalasHapus
  20. Kantor suamiku berpikir untuk belanja modal mobil listrik, karena bebas ganjil genap hehe. Tapi memang harus ada mobil dengan plat ganjil dan genap sih jika rutin ke Jakarta untuk dinas.

    BalasHapus

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun