POSTS SLIDER

I'm writing about...

Apa Saja Tanda HRD Menolak Halus Kandidat Saat Interview?

Sudah lama sekali saya ga menuliskan seputar dunia kerja, kali ini saya mau menuliskan tentang apa saja tanda HRD menolak halus kandidat saat interview?

Pertanyaan ini sebenarnya dilayangkan dalam pertanyaan Quora 4 tahun lalu sebagai pengguna Quora saya mencoba menjawab singkat. Dan boom jawaban saya meroket viewnya hingga kini mencapai 315,9 ribu view dong.

Ajib banget viewnya dipenuhi dengan pengalaman dari quorawan quorawati yang ujungnya memberikan penilaian yang nyelekit, nyalah-nyalahin saya sebagai HRD wkwkwk. Gini toh rasanya dihujat melalui media sosial ;p

Sebenarnya jawaban singkat itu belum bisa sih merepresentatifkan kondisi yang real namun sayangnya langsung memaknai negatif sehingga memicu praktisi-praktisi lain untuk berkomentar dalam jawaban saya tersebut.

apa-saja-tanda-hrd-menolak-halus-kandidat-saat-interview

Tanda HRD Menolak Saat Interview

Penasaran bukan, apa sih yang menjadi jawaban saya dengan pertanyaan tersebut? berikut jawaban saya yang memicu pertikaian wkwk.

"Sebagai HRD jujur saya juga selalu merasakan ga enak saat menolak apalagi menolaknya itu pas sesi interview. Kalau pas sesi tes psikotes sih bisa langsung meminta yang tidak lulus tes pulang karena hasil tes yang jelek. Namun giliran interview saat tahu kompetensi yang dicari pada calon karyawannya tidak ada, disinilah bergejolak wkwk..Dan kalimat pamungkas "Ditunggu saja maks 2 minggu dari hari ini, apabila tidak ada kabar dari kami mohon maaf anda belum bisa bergabung, terima kasih sudah mengikuti tes dan interview sekarang boleh pulang"

Sebagai recruiter yang udah lumayanlah ya menghadapi ribuan kandidat, saat sesi interview saya sudah bisa sedikitnya merasakan apakah kandidat ini bisa cocok atau tidak sesuai dengan keinginan user.

Intuisi main peran juga ya karena berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah. Sehingga jika saya sedang interview dan sudah merasakan aura-aura bakalan ditolak sama user maka saya akan mencoba untuk menolak secara halus.

Karena sudah lama biasanya recruiter seperti saya sudah hafal maunya user seperti apa. Sehingga saat tes sudah bisa sortir mana kandidat yang bisa lanjut dan yang ga sesuai.

Cara HRD Menolak Secara Halus Saat Interview

Hal yang saya lakukan ketika menolak secara halus saat interview adalah:

1. Interview Dalam Waktu Yang Tidak Lama

Biasanya jika kandidatnya sesuai dengan posisi yang dilamar maka saya akan mencoba menggali lebih dalam sehingga waktu untuk interviewnya akan memakan waktu yang lama. Hal ini disebabkan beberapa kompetensi yang ingin digali sehingga cocok dengan kompetensinya yang dicari oleh user.

Namun sebaliknya apabila kandidatnya belum sesuai sebenarnya ga butuh waktu lama, meski demikian saya menghargai usaha mereka yang sudah berhasil pada tahapan psikotes. Maka biasanya saya hanya bertanya hal-hal umum seperti tentang keluarga atau kegiatan selama tidak bekerja. 

2. Memberikan Kata Pamungkas Sebelum Berakhir Interview

Sebagaimana yang saya sebutkan pada jawaban di Quora, apabila kandidatnya sesuai dengan spesifikasi maka biasanya saya akan langsung proses disesuaikan juga dengan waktu user.

Apabila usernya bersedia maka hari itu juga user akan interview hingga final nego gaji. Maka tak heran jika waktu tes akan memakan waktu seharian bisa dari pagi psikotes lanjut interview hrd lanjut interview user.

Atau bisa juga dengan memberikan penjelasan "ditunggu dalam waktu 3 hari" untuk proses selanjutnya.

Bagi kandidat yang belum memenuhi syarat biasanya secara halus saya tolak dengan memberikan kata pamungkas "ditunggu saja kabar dari kami apabila 2 minggu tidak ada kabar berarti belum lolos".

Sebenarnya pengen langsung bilang ga lolos kualifikasi namun akhirnya dengan kata-kata tersebut mencoba untuk menolak. Agar tidak langsung mematahkan hati pelamar.

Mengapa HRD Tidak Memberikan Kabar Ditolak?

Dulu sekali saat aktif dalam bagian recruiter, perekrutan itu bisa setiap hari. Hanya ada 1 hari saja buat saya nafas ngerekapin hasil dan filling tes.

Untuk proses pemanggilan kandidat juga biasanya saya dibantu oleh tim jadi bukan saya yang manggilin. Dulu ada anak-anak magang yang bantu proses sortir lamaran hingga bantu menelepon kandidat untuk pemanggilan tes.

Komen-komen di Quora yang saya dapatkan jika kandidat mengharapkan HRD itu bisa langsung kasih kabar ditolak/ga. Namun saya berfikir kata-kata pamungkas yang saya berikan disesi terakhir interview sudah bisa menyiratkan kabar baik atau buruknya hahaha.

Namun rata-rata ternyata kandidat lebih suka diberikan keterangan baik melalui email atau WA terkait dengan kabar selanjutnya.

Ini menjadi masukan namun bagi saya yang dulu udah ga sanggup rasanya agak berat mencari kembali hasil tes lalu diinfokan tidak lulus. Mungkin yang proses rekrutmen-nya tidak banyak bisa dilakukan sih.

***

Akhirul kalam, semoga temans yang sedang berjuang selalu dimudahkan dalam proses tes kerjanya. Bila ditolak satu HRD masih banyak kok HRD lainnya yang mungkin bisa menerima temans di tempatnya.

So clear yah, mengapa dan apa saja tanda HRD menolak halus kandidat saat interview. Ada yang ingin diceritakan pengalamannya? yuk bisa tulis di kolom komen. 

Komentar

  1. Aneh2 aja mah yang menghujat 😅. Belum pernah ngerasain duduk di bangku HRD yaaa.. Pusiiiing 🤣🤣. Aku memang bukan HRD mba. Tp pernah ngerasain calon kandidat yg aku interview langsung utk masuk team ku. Dan memang kalo udah di awalnya ga cocok, aku pun ngelakuin hal yg sama.

    Sebaliknya pas aku langsung klik ama calon, beuuhh itu langsung excited interview nya dan kliatan juga dari nada bicara ku yg pasti berubah 😄

    BalasHapus

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun